Senin, 09 September 2013

Inti Sari Buku


Buku cerita (narasi) biasa dikenal dengan sebutan fiksi dan buku nonfiksi. Buku fiksi adalah buku yang memuat cerita yang bersifat khayalan. Buku ini berupa buku karya sastra prosa (cerpen, novel). Dengan demikian, buku fiksi identik dengan karya sastra yang disebut juga dengan buku narasi-imajinatif.
       Adapun buku nonfiksi memuat cerita atau narasi yang tidak bersifat khayalan atau narasi-faktual. Dengan kata lain, buku fiksi bersifat realitas, artinya sesuatu itu mungkin saja terjadi; sedangkan buku nonfiksi bersifat aktualitas, artinya yang benar-benar terjadi.  Contoh buku nonfiksi adalah buku sejarah, buku biografi, dan buku yang memuat cerita perjalanan.
       Dalam pembelajaran ini, kita akan belajar secara khusus mengenai buku nonfiksi, dengan fokus membuat intisari dari buku tersebut. Membuat intisari sama dengan membuat ikhtisar. Ikhtisar merupakan salah satu bentuk reproduksi. Salah satu yang lainnya adalah ringkasan. Apa bedanya ringkasan dengan ikhtisar? Berikutnya disajikan perbedaan keduanya.

Ringkasan
Ikhtisar
-      Tetap mempertahankan urutan isi dan sudut pandang pengarang
-      Perbandingan karangan asli dengan reproduksi tetap dipertahankan (seperlima/sepersepuluh karangan asli)
-      Menggabungkan atau menyusun semua gagasan utama yang dirumuskan kembali dalam kalimat penulis ringkasan
-    Tidak mempertahankan urutan karangan asli
-    Tidak memberikan isi dari seluruh karangan secara proporsional
-    Langsung mengemukakan inti atau pokok permasalahan
-    Ilustrasi dapat diberikan untuk memperjelas pokok permasalahan
-    Bagian-bagian yang tidak penting dapat diabaikan

Kegiatan kali ini, kamu akan mengikuti diskusi dengan kegiatan menyampaikan inti sari buku nonfiksi. Dalam hal ini kita akan   memilih buku biografi sebagai bahan diskusi. Ketika menyampaikan intisari buku, hal yang dapat kamu sampaikan, antara lain gambaran singkat (ikhtisar) isi buku serta hal-hal yang menarik dan tidak menarik tentang isi buku.
Buku biografi berisi riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Buku biografi memaparkan kehidupan seorang tokoh sejak kecil sampai tua. Bahkan sampai meninggal dunia. Selain itu, semua jasa, buah karya, dan segala hal yang dihasilkan oleh tokoh tersebut ditulis dalam buku biografi.
Setelah membaca buku biografi, Anda dapat menyampaikan inti sari buku biografi dalam diskusi berupa hal-hal penting dan hal-hal menarik yang terdapat dalam isi buku. Hal-hal menarik yang dapat ditemukan dalam sebuah buku biografi adalah:

1.      Kehidupan masa kecil tokoh
2.      Pendidikan dan karya-karya tokoh
3.      Pandangan hidup tokoh
4.    Jasa-jasa tokoh
5.    Perjuangan atau keberhasilan tokoh
6.    Kisah hidup tokoh (latar belakang)

0 komentar:

Posting Komentar